BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Animasi
merupakan hal yang sedang digandrungi oleh sebagian besar kalangan masyarakat,
terutama kalangan anak-anak dewasa ini. Hal ini disebabkan oleh maraknya
stasiun televisi yang menyiarkan kartun animasi dua dimensi atupun animasi tiga
dimensi. Anak-anak pasti tertarik dengan gambar animasi bergerak yang sering
mereka tonton di televisi. Namun, ada satu hal yang menimbulkan masalah bagi
anak-anak ini,
yakni mereka belum tahu pasti bagaimana cara membuat
animasi-animasi tersebut, bahkan yang paling sederhana sekalipun.
Memang,
imajinasi anak-anak akan lebih terasah setelah mereka menonton kartun animasi
tersebut, tapi tidak dengan cara membuatnya. Hal ini akan menjadi masalah,
animasi yang mereka tonton hanya akan menjadi sekedar imajinasi tanpa mereka
tahu bagaimana cara membuatnya.
Hal
ini dapat dirasakan setiap kali penulis melihat anak-anak sangat antusias saat
sedang menonton film kartun. Mereka tertarik, mungkin benar. Tapi diusia
mereka, mereka sama sekali belum diajarkan bagaimana cara membuat animasi yang
disebabkan oleh tidak adanya tenaga pengajar.
SDN
02 Sroyo, Jaten, Karanganyar merupakan salah satu sekolah dasar kecil di Kabupaten
Karanganyar. Dalam meningkatkan kreatifitas dan imajinasi para siswa dalam
bidang animasi, harus dilakukan suatu pembelajaran bagi mereka yang tertari
dengan hal tersebut.
Namun,
sangat disayangkan, masih belum ada tenaga pengajar atau guru yang berinisiatif
mengajarkan mereka pengetahuan tentang animasi ini. Para guru kebanyakan hanya
fokus terhadap bidang akademik para siswanya saja sehingga kadang melupakan
pentingnya mengasah bakat pana anak didiknya ini. Tidak hanya tenaga pengajar,
fasilitas untuk mengajar pun belum disediakan untuk pihak sekolah.
Dari
latar belakang di atas, penulis merasa
tertarik dan perlu mengadakan penelitian dalam rangka penyusunan karya ilmiah
yang berjudul : Pembelajaran Membuat
Animasi Sederhana dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS3 ( Studi Kasus di
SDN 02 Sroyo, Jaten, Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015)
B.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat
diidentifikasikan sebagai berikut :
1. Tidak
adanya tenaga yang mengajarkan animasi.
2. Minimnya
fasilitas untuk media pembelajaran animasi, menyebabkan tidak adanya
perkembangan dalam pembelajarannya.
3. Belum
optimalnya guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan para siswa untuk menuangkan
kreativitasnya.
C.
Pembatasan
Masalah
Untuk
mengarahkan kegiatan penelitian yang akan dilakukan, maka perasalahan perlu
dibatasi. Masalah yang akan diteliti hanya terbatas pada masalah berikut :
1. Belum
adanya pembelajaran animasi bagi para siswa di SDN 02 Sroyo, Jaten,
Karanganyar.
2. Belum
dimanfaatkannya media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membuat
animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Jaten, Karanganyar.
D.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka fokus permasalahan yang akan diteliti oleh
penulis dirumuskan sebagai berikut :
1. Mengapa
pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar tahun
pelajaran 2014/2015 dilaksanakan sebagai yang nampak saat dilakukan pengmatan?
2. Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar
tahun pelajaran 2014/2015?
E.
Tujuan
Penelitian
Adapun
tujuan dilakukannya penelitian ini, antara lain :
1. Untuk
mengetahui pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar
tahun pelajaran 2014/2015 dilaksanakan sebagai yang nampak saat dilakukan
pengmatan.
2. Untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo,
Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015.
F.
Manfaat
Penelitian
adapun
manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a. Bagi guru memberikan alternatif
pembelajaran animasi sederhana dan penggunaan media pembelajaran, sehingga guru
juga bisa mengajarkan animasi dengan menggunakan adobe flash CS3 kepada para
siswanya.
b. Bagi sekolah sebagai dasar untuk
menyediakan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa
dengan mengadakan pembelajaran animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar.
c. Bagi peneliti untuk menambah wawasan dan
sebagai bekal dalam meningkatkan rasa percaya diri sebagai mahasiswa di masa
yag akan datang dan ingin mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran animasi
sederhana bagi para siswa di SDN 02 Sroyo, Karanganyar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar