Sabtu, 24 Januari 2015

Contoh Bab 1 Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Animasi merupakan hal yang sedang digandrungi oleh sebagian besar kalangan masyarakat, terutama kalangan anak-anak dewasa ini. Hal ini disebabkan oleh maraknya stasiun televisi yang menyiarkan kartun animasi dua dimensi atupun animasi tiga dimensi. Anak-anak pasti tertarik dengan gambar animasi bergerak yang sering mereka tonton di televisi. Namun, ada satu hal yang menimbulkan masalah bagi anak-anak ini,
yakni mereka belum tahu pasti bagaimana cara membuat animasi-animasi tersebut, bahkan yang paling sederhana sekalipun.
Memang, imajinasi anak-anak akan lebih terasah setelah mereka menonton kartun animasi tersebut, tapi tidak dengan cara membuatnya. Hal ini akan menjadi masalah, animasi yang mereka tonton hanya akan menjadi sekedar imajinasi tanpa mereka tahu bagaimana cara membuatnya.
Hal ini dapat dirasakan setiap kali penulis melihat anak-anak sangat antusias saat sedang menonton film kartun. Mereka tertarik, mungkin benar. Tapi diusia mereka, mereka sama sekali belum diajarkan bagaimana cara membuat animasi yang disebabkan oleh tidak adanya tenaga pengajar.
SDN 02 Sroyo, Jaten, Karanganyar merupakan salah satu sekolah dasar kecil di Kabupaten Karanganyar. Dalam meningkatkan kreatifitas dan imajinasi para siswa dalam bidang animasi, harus dilakukan suatu pembelajaran bagi mereka yang tertari dengan hal tersebut.
Namun, sangat disayangkan, masih belum ada tenaga pengajar atau guru yang berinisiatif mengajarkan mereka pengetahuan tentang animasi ini. Para guru kebanyakan hanya fokus terhadap bidang akademik para siswanya saja sehingga kadang melupakan pentingnya mengasah bakat pana anak didiknya ini. Tidak hanya tenaga pengajar, fasilitas untuk mengajar pun belum disediakan untuk pihak sekolah.
Dari latar belakang di  atas, penulis merasa tertarik dan perlu mengadakan penelitian dalam rangka penyusunan karya ilmiah yang berjudul : Pembelajaran Membuat Animasi Sederhana dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS3 ( Studi Kasus di SDN 02 Sroyo, Jaten, Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015)

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
1.      Tidak adanya tenaga yang mengajarkan animasi.
2.      Minimnya fasilitas untuk media pembelajaran animasi, menyebabkan tidak adanya perkembangan dalam pembelajarannya.
3.      Belum optimalnya guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan para siswa untuk menuangkan kreativitasnya.

C.     Pembatasan Masalah
Untuk mengarahkan kegiatan penelitian yang akan dilakukan, maka perasalahan perlu dibatasi. Masalah yang akan diteliti hanya terbatas pada masalah berikut :
1.      Belum adanya pembelajaran animasi bagi para siswa di SDN 02 Sroyo, Jaten, Karanganyar.
2.      Belum dimanfaatkannya media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Jaten, Karanganyar.

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka fokus permasalahan yang akan diteliti oleh penulis dirumuskan sebagai berikut :
1.      Mengapa pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 dilaksanakan sebagai yang nampak saat dilakukan pengmatan?
2.      Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015?


E.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini, antara lain :
1.      Untuk mengetahui pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 dilaksanakan sebagai yang nampak saat dilakukan pengmatan.
2.      Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membuat animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015.

F.      Manfaat Penelitian
adapun manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a.     Bagi guru memberikan alternatif pembelajaran animasi sederhana dan penggunaan media pembelajaran, sehingga guru juga bisa mengajarkan animasi dengan menggunakan adobe flash CS3 kepada para siswanya.
b.     Bagi sekolah sebagai dasar untuk menyediakan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa dengan mengadakan pembelajaran animasi sederhana di SDN 02 Sroyo, Karanganyar.
c.     Bagi peneliti untuk menambah wawasan dan sebagai bekal dalam meningkatkan rasa percaya diri sebagai mahasiswa di masa yag akan datang dan ingin mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran animasi sederhana bagi para siswa di SDN 02 Sroyo, Karanganyar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar